search

Solo The Spirit of Java

Solo The Spirit of Java
Welcome to my blog
Share |

Derby Penentu Jalan Cerita

Liga Italia Pekan Ini - Derby Penentu Jalan Cerita
Roma - Dua derby akan mentas di giornata 34 Seri A pada akhir pekan ini. Dua pertandingan sarat emosi yang hasil akhirnya bakal mempengaruhi seperti apa akhir cerita kompetisi kali ini.

Derby pertama tak melibatkan tim satu kota, namun mempertemukan dua musuh bebuyutan yang bersaing menancapkan hegemoni di Negeri Pizza. Derby ini adalah Derby d'Italia.

Inter Milan akan menjadi tuan rumah bagi Juventus dalam laga yang digelar Sabtu (17/4/2010) dinihari WIB. Poin penuh jelas dibutuhkan Inter setelah akhir pekan kemarin harus terlempar ke posisi dua akibat ditahan imbang Fiorentina, sementara itu pesaing mereka AS Roma menang.

Juventus tengah tak stabil. Sejak awal Maret silam, pasukan Alberto Zaccheroni hanya meraih tiga kemenangan. Sisanya adalah tiga kali kalah dan sekali seri.

Rekor away tim Zebra juga buruk. Dalam tiga lawatan terakhir ke markas lawan, Alessandro del Piero selalu kalah, masing-masing atas Sampdoria, Napoli, dan Udinese. Si Nyonya Tua semakin memprihatinkan karena hanya mampu mencetak satu gol dan kebobolan tujuh kala away.

Sementara itu Inter punya rekor home yang cemerlang yakni belum pernah kalah di Giuseppe Meazza. Meski begitu dalam laga akhir pekan ini, Nerazzurri bisa jadi bakal menghadapi partai tak mudah.

Dua pilar utama pertahanan Bianconeri, Gianluigi Buffon dan Giorgio Chiellini telah kembali. Dalam laga pekan sebelumnya saat mengatasi Cagliari 1-0, Buffon sukses menjaga Juventus tak kebobolan dan Chiellini mencetak gol kemenangan.

Jadwal Derby d'Italia akhir pekan nanti juga datang di saat yang berat bagi Inter. Pasukan Jose Mourinho baru saja menguras tenaga dengan bermain di Coppa Italia melawan Fiorentina. Empat hari berselang, La Beneamata harus melakoni leg pertama semifinal Liga Champions menghadapi jagoan Spanyol Barcelona. Konsentrasi yang terpecah bisa membuat Inter gagal meraih hasil maksimal.

Derby della Capitale

Derby lain yang tak kalah panas adalah pertarungan antara dua klub ibukota, Lazio kontra AS Roma, di mana tim yang disebut pertama bakal jadi tuan rumah.

Posisi Il Lupi dan Gli Aquilotti bak bumi dan langit. "Serigala" Roma berpacu dalam perebutan scudetto, sementara "Elang" Lazio harus berusaha mengepakkan sayap guna menghindari relegasi.

Meski begitu pelatih Roma Claudio Ranieri sudah mewaspadai derby ini bahkan sejak seminggu sebelumnya. Sikap The Tinkerman sejalan dengan catatan pertemuan keduanya.

Terakhir kali Roma menang ketika Lazio berstatus tuan rumah adalah pada Februari 2006. Ketika itu Giallorossi menekuk Biancoceleste 2-0 melalui gol Rodrigo Taddei dan Alberto Aquilani.

Setelahnya Roma tak pernah menang saat menjadi tamu. Kalah 0-3 (Desember 2006), 2-3 (Maret 2008), dan 4-2 (April 2009) adalah hasil yang dipetik oleh Francesco Totti dkk. ketika "melawat" ke markas Lazio.

Milan Bisa Manfaatkan Situasi

Adanya dua derby ini bisa dimanfaatkan oleh AC Milan untuk mengembalikan diri ke jalur perebutan juara. Ada pun saat ini Rossoneri yang punya poin 64 tertinggal tiga angka dari Inter di peringkat dua dan empat dari Roma di capolista.

Belum telat memang bagi Milan untuk mengejar. Namun lawatan ke markas Sampdoria jelas tak mudah. Di Luigi Ferraris, Antonio Cassano dkk belum pernah kalah.

0 komentar:

Posting Komentar

Yahoo bot last visit powered by  Ybotvisit.com bola-mania-football.blogspot.com 2010-11-09 monthly 0.5