search

Solo The Spirit of Java

Solo The Spirit of Java
Welcome to my blog
Share |

Stadion Piala Dunia : Ellis Park Stadium


Ellis Park dibangun pertama kali pada 1928 sebagai sebuah lapangan rakbi. Stadion ini kemudian dihancurkan dan dibangun kembali pada 1982, untuk lagi-lagi menjadi stadion rakbi. Saat itu, stadion ini diberi nama JD Ellis, sebagai penghormatan kepada kanselir kota Johannesburg yang menyetujui penggunaaan lahan seluas 13 acre untuk dijadikan stadion.

Momen terbesar di stadion ini adalah ketika tim rakbi Afrika Selatan secara mengejutkan mampu menundukkan Selandia Baru di babak final Piala Dunia Rakbi 1995. Peristiwa itu menjadi saat yang membuat warga Afrika Selatan bersama-sama merayakan keberhasilan itu dengan Nelson Mandela.

Menyambut Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, stadion ini dipugar sehingga mengalami peningkatan daya tampung dari 57.000 menjadi 62.567penonton pada 2009. Tribun utara stadion merupakan bagian yang mengalami pengembangan terbesar.

Tribun ini menyediakan fasilitas untuk media massa, kursi VIP, tempat khusus untuk penonton yang memiliki cacat fisik, dan seperangkat audio visual berkualitas tinggi sebagai sarana memberikan informasi kepada penonton. Stadion ini memang dibangun dengan sangat modern, supaya bisa mengakomodasi kebutuhan dan gairah semua orang terhadap sepak bola. Bahkan, melalui situs resminya, FIFA mengklaim bahwa tak seorang pun akan meninggalkan stadion ini dengan rasa kecewa.

0 komentar:

Posting Komentar

Yahoo bot last visit powered by  Ybotvisit.com bola-mania-football.blogspot.com 2010-11-09 monthly 0.5